5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Yang Mempesona

5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Yang Mempesona

sunrise bromo

Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo, pasca reaktivasi kawasan wisata alam Bromo - Tengger - Semeru secara bertahap dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para pengunjung dapat menyaksikan kembali keindahan pemandangan alam di Bromo.

Berikut informasi rangkuman 5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang begitu mempesona dan menjadi daya tarik wisatawan saat ini dan salah satunya dibagi menjadi dua nama dengan lokasi yang berbeda.

BACA JUGA: Tiket Online Bromo: Panduan Pemesanan Tiket Masuk Gunung Bromo

sunrise bromo

#1 Site Pananjakan 1

Gunung Pananjakan identik dengan sebutan Pananjakan 1, adalah sebuah Gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Berada di sebelah barat daya gunung Bromo dan memiliki ketinggian 2.770 Mdpl.

HIGHLIGHT

Dari site Pananjakan 1, wisatawan dapat langsung menyaksikan keindahan panorama alam berupa latar belakang gunung-gunung yang eksotis seperti Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati hamparan lautan pasir yang menakjubkan dengan menggunakan Jeep Wisata Gunung Bromo menuju Site Penanjakan 1 yang merupakan Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang populer bagi wisatawan yang datang ke Bromo.

sunrise bromo

FASILITAS

Di sekitar lokasi site Pananjakan 1 terdapat berbagai fasilitas yang lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan dan pedagang yang menjual berbagai macam cinderamata berupa syal, sarung tangan dan topi kupluk.

RUTE

1. Rute dari Pasuruan melalui Tosari dan Wonokitri
Dari Surabaya. Untuk menuju Gunung Bromo dari arah Pasuruan. Dari Surabaya kita naik bis menuju Probolinggo dan turun di Pasuruan yang membutuhkan watu 1,5 jam. Selanjutnya naik colt menuju Desa Tosari - Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel atau losmen atau dapat juga langsung meneruskan perjalanan menuju Gunung Pananjakan atau masuk ke lautan pasir menuju puncak Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo menggunakan Jeep Wisata Gunung Bromo.

2. Rute dari Probolinggo melalui Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang
Dari arah Kota Probolinggo ambil jalur menuju Sukapura menuju jalan Raya Bromo lalu teruskan ke area Gunung Bromo. Dari Ngadisari naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro Lawang ± 3 km. Di Cemoro lawang kita dapat bermalam di hotel atau losmen. Besuk pagi kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawah Gunung Bromo, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda yang disewakan oleh masyarakat setempat.

sunrise bromo

3. Jalur dari Malang Melalui Tumpang – Lautan Pasir
Dari Tumpang perjalanan kita lanjutkan dengan naik Jeep menuju ke Jemplang sekitar 1,5 jam perjalanan melewati Desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas. Disekitar perjalanan kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang berupa kebun-kebun penduduk yang berada di lereng-lereng gunung dan hutan alam yang masih asli.

Memasuki Desa Ngadas di sekitar jalan kita melewati hutan cemara yang tertata rapi. Kondisi jalan dari Tumpang menuju Jemplang sekarang sudah baik. Bila dari arah Malang kita bisa lewat Jemplang, Ngadas. Dari Malang naik minibus menuju ke Tumpang (18 Km) sekitar 30 menit.

Paket Sewa Jeep Wisata Gunung Bromo

jeep wisata gunung bromo jeep wisata gunung bromo jeep wisata gunung bromo jeep wisata gunung bromo
Jalur Jemplang
Dari Jemplang perjalanan kita teruskan menuju ke Gunung Bromo melewati jalan berbatu dan lautan pasir selama 1 jam perjalanan dengan Trekking. Bila lewat Purwodadi, dari Kota Malang kita naik Bus atau minibus menuju ke Purwodadi selam 30 menit. Dari Purwodadi kita naik minibus menuju ke Desa Tosari, melewati Desa Nongkojajar selama 1,5 jam perjalanan.

Dari Tosari kita teruskan menuju Wonokitri dengan Jeep Wisata Gunung Bromo. Menuju Kawah Gunung Bromo dapat didaki melalui tangga buatan (249 buah), dari sini akan terlihat kawah Bromo mengangah lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya.

Selengkapnya: Penanjakan 1 Incaran Wisatawan Sunrise Bromo

sunrise bromo

#2 Site Penanjakan 2

Seruni Point dapat disebut juga dengan Penanjakan 2, merupakan salah satu Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo lainnya apabila di site Penanjakan 1 sudah padat pengunjung. Berada di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada ketinggian 2.400 Mdpl.

sunrise bromo

HIGHLIGHT

Di Penanjakan 2 wisatawan bisa langsung melihat dengan sangat jelas hamparan lautan pasir dan panorama keindahan alam Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan juga Gunung Semeru, karena lokasi nya lebih dekat. Nikmati juga pemandangan desa Cemoro Lawang yang tampak sangat eksotis pada saat terbit Matahari di Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo.

sunrise bromo

FASILITAS

Site Penanjakan 2 memiliki sarana dan pra sarana yang cukup lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan, juga tersedia tempat duduk untuk beristirahat sejenak sebelum menaiki anak tangga dan di bawah tugu pilar Brawijaya .

RUTE

Rute Menuju Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Penanjakan 2, dapat ditempuh dari berbagai jalur yaitu dari Surabaya, Malang, Batu, Banyuwangi atau Lumajang. Wisatawan dapat lebih mudah menuju site Penanjakan 2 dengan menggunakan Jeep Wisata Gunung Bromo adalah dari arah Probolinggo lalu ke Cemoro Lawang, karena site Penanjakan 2 termasuk dalam lokasi kabupaten Probolinggo.



Jika menuju Penanjakan 1 dari rest area parkiran teratas di Bromo, wisatawan mengambil ke arah kiri dengan jalur yang menanjak, dan bukan turun ke lautan pasir atau arah Kawah Bromo. Namun untuk site Penanjakan 2 wisatawan dapat mengambil jalan menurun atau dari arah kanan dari rest area parkiran teratas di Bromo, dan langsung belok kiri.

Selengkapnya: Seruni Point Spot Terbaik Sunrise Bromo

sunrise bromo

#3 Site Bukit Kedaluh/Bukit Kingkong

Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo lainnya yaitu di Site Bukit Kedaluh, Berada di Wonokitri, Tosari, Pasuruan. Site Bukit Kedaluh memiliki ketinggian 2.600 Mdpl. Terletak dibawah dengan jarak 2,5 Kilometer dari site Penanjakan 1, sehingga akses menuju lokasi tersebut tidak terlalu menanjak.

sunrise bromo

HIGHTLIGHT

Warga sekitar Bukit Kedaluh yang mayoritas suku Tengger biasa juga menyebut nama Bukit Kingkong. Sekilas tentang arti Kedaluh yang dalam bahasa Sansekerta bermakna kesuburan dan oleh masyarakat suku Tengger diartikan sebagai penghargaan akan kesuburan tanah yang ada di wilayah Tengger. Sebutan Bukit Kingkong diambil dari bentuk sisi tebing dengan area yang menonjol berupa bebatuan dan ceruk dan menyerupai kepala dan hidung Kingkong.

Di lokasi bukit Kingkong, terdapat tanah lapang dan sebuah Padma Sari, yaitu sebuah Pura kecil untuk tempat sesaji. Wisatawan bisa melihat langsung view Gunung Arjuna dan Kota Malang di bawahnya, dari sisi lain Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang menjadi daya tarik tersendiri.

sunrise bromo

FASILITAS

Sama dengan fasilitas Site Penanjakan 1, di Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong juga memiliki sarana dan pra sarana yang cukup lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan.

Jalan setapak di Bukit Kedaluh juga sudah di paving block dengan batas tembok pagar setinggi dada orang dewasa. Sehingga akses untuk mencapai Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo di site Bukit Kedaluh terbilang sangat aman. Juga terdapat parkiran kendaraan yang cukup luas.

RUTE

Rute yang bisa dilalui menuju site Bukit Kedaluh melalui jasa sewa Jeep Wisata Gunung Bromo. Melewati beberapa jalur di antaranya melalui Wonokitri, Kabupaten Pasuruan. Dapat juga melewati jalur Desa Wisata Ngadisari, Probolinggo atau dengan melewati Desa Ngadas Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Selengkapnya: Keistimewaan Sunrise Bromo dari Bukit Kingkong

#4 Site Bukit Mentigen

Bukit Mentigen masih berada pada kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) tepatnya di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kab. Probolinggo. Dengan ketinggian mencapai 2.300 mdpl mampu melihat kawasan Bromo secara keseluruhan termasuk gunung Semeru.

Suasana pagi hari di padang pasir yang mengelilingi gunung Bromo dan Bathok akan diselimuti kabut tebal putih sehingga akan tampak seperti gunung di tengah lautan jika dilihat dari puncak Bukit Mentigen.

Site Bukit Mentigen menjadi pilihan alternatif lainnya bagi wisatawan yang datang melewati pukul 5 pagi di Bromo. Untuk mendapatkan kesempatan melihat Sunrise Bromo di Pananjakan 1 tidak mungkin terpenuhi karena waktu terlalu singkat dan kondisi lalu lintas ramai jika menggunakan Jeep Wisata Gunung Bromo.

sunrise bromo

HIGHTLIGHT

Site Bukit Mentigen adalah adalah salah satu tempat Alternatif untuk menyaksikan Bromo Sunrise, selain itu Bukit Mentigen juga merupakan lokasi terbaik untuk Camping sekaligus menikmati pesona keindahan Sunset Gunung Bromo.

Site lokasi Bukit Mentigen juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Bromo Milky Way. Lokasi yang sangat bagus dan menarik untuk para Milky Way Photography.

sunrise bromo

Selamat Pagi Kuda Bromo photo by Hou Zi Flickr

FASILITAS

Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo dari Bukit Mentigen masih terlihat alami. Site Bukit Mentigen merupakan jalan setapak yang ditumbuhi pohon-pohon pakis dan cantigi di sekitar punggung bukit tersebut, juga ada pelataran parkir kendaraan bagi wisatawan yang datang. Selanjutnya, wisatawan bisa memilih untuk jalan kaki atau naik ojek ke area sekitar puncak bukit.

Bukit Mentigen merupakan area yang termasuk di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 29.000 untuk hari kerja dan Rp 34.000 untuk hari libur.

sunrise bromo

RUTE

Bukit Mentigen saat ini menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan yang datang ke Bromo. Karena akses menuju tempat ini tidak terlalu jauh, bahkan dapat di katakan mudah untuk diakses.

Puncak Mentigen sendiri adalah salah satu perbukitan yang berada di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa timur.

Dari kawasan Cemoro Lawang, hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Dari segi kontur jalan, akses jalan menuju kawasan ini juga tidak teralu terjal. Ada baiknya wisatawan yang ingin mengunjungi site Bukit Mentigen ini bersama keluarga tercinta, tentunya dapat menggunakan jalur yang satu ini dengan menggunakan jasa sewa Jeep Wisata Gunung Bromo.

Selengkapnya: Bukit Mentigen, Spot Camping Populer Selain Sunrise di Bromo

#5 Site Bukit Cinta/Love Hill

Sunrise Bromo - Bukit Cinta mulai dibuka pada tahun 2017 dan menjadi lokasi favorit wisatawan yang ingin berkunjung ke Bromo dari sisi yang lain. Termasuk dalam kategori pendakian level ringan dan sangat cocok untuk wisatawan dengan stamina yang terbatas atau orang yang berusia lanjut. Site Bukit Cinta memiliki ketinggian pada 2.680 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Bukit Cinta merupakan tempat yang paling strategis untuk menikmati Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang menakjubkan selain Site Pananjakan 1 maupun yang lainnya. Terdapat tembok besar bertuliskan Love Hill Bromo Tengger Semeru sebagai penanda sekaligus tempat berfoto dan menikmati langsung keindahan Sunrise Gunung Bromo.

HIGHTLIGHT

Menurut cerita warga setempat adalah sepasang kekasih bernama Roro Anteng dan Joko Seger. Sebagaimana cerita yang beredar, mereka adalah orang dahulu suku Tengger. Karena hubungan yang begitu menarik dan indah menjadikan bukit sebagai representasi cinta mereka.

Cerita yang lain menyebutkan bahwa setiap pasangan yang menghabiskan waktu di Bukit Cinta akan mendapatkan hubungan kekal! Tidak heran, maka banyak pasangan muda lokal datang ke Bukit Cinta selama akhir pekan. Bahkan wisatawan asing juga tertarik dengan cerita tersebut.

sunrise bromo

FASILITAS

Sepanjang jalan mendekati lokasi site Bukit Cinta juga terdapat berbagai fasilitas yang cukup memadai untuk wisatawan yang berkunjung. Ada Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan, minuman dan lainnya.

RUTE

Dari Surabaya atau Malang, perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan bus menuju arah Jember atau Banyuwangi dengan tujuan Terminal Probolinggo. Jalur menuju Bukit Cinta adalah berjarak 5 km dari site Pananjakan 1 dan dekat dengan site Pananjakan 2 atau Seruni Point.

Jika wisatawan datang dari wilayah Jember atau Banyuwangi, pilih bus menuju arah Surabaya dengan tujuan ke Terminal Probolinggo. Selanjutnya melewati Sukapura dan Cemoro Lawang melalui jasa sewa Jeep Wisata Gunung Bromo dengan jarak kurang lebih 35 kilometer dari terminal.

Biasanya lokasi ini dijadikan alternatif lainnya jika wisatawan ingin melihat Sunrise Bromo apabila site Panajakan 1 sudah melebihi kapasitas pengunjung yang datang pada saat tertentu.

Selengkapnya: Bukit Cinta Spot Sunrise Bromo Penanjakan 3

spot wisata sunrise gunung bromo

Memilih Paket Wisata Sunrise Gunung Bromo

Pelayanan Wisata Sunrise Gunung Bromo. Saat ini cukup banyak penyedia jasa wisata yang bisa melayani wisatawan untuk dapat melaksanakan wisata nya dari ke empat Gerbang Gunung Bromo tersebut.

Bagi wisatawan yang datang dari Jakarta atau kota-kota lain menggunakan Pesawat atau Kereta Api misalnya, bisa memilih paket-paket wisata Sunrise Gunung Bromo yang banyak ditawarkan melalui website, market place maupun tawaran-tawaran dari sosial media, jika ingin duduk manis dan dilayani sampai ke Gunung Bromo.

Namun pelajari dan bacalah dengan seksama paket-paket yang ditawarkan agar tepat sesuai dengan apa yang Anda harapkan saat melaksanakan wisata di Gunung Bromo.

Ada beberapa Paket Wisata Sunrise Gunung Bromo yang Kami tawarkan, wisatawan bisa lihat melalui Link atau Banner berikut.

1. Paket Wisata Open Trip Bromo Sunrise
Wisata Gabungan Gunung Bromo dari Malang, Batu, dan Surabaya
2. Sewa Jeep dari 4 Pintu Masuk Bromo
Harga Paket Sewa Jeep Bromo via Batu, Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang

4 Pilihan Open Trip & Private Trip Di Jawa Timur

open trip bromo madakaripura open trip tumpak sewu open trip bromo madakaripura

jeep wisata gunung bromo


Komentar



My Bromo Informasi dan Layanan paket dan transportasi wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

My Bromo juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  082-161-300-500
  info@bromo.my.id
  https://www.bromo.my.id

My Bromo Populer

My Bromo Gallery

My Bromo Informasi