5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Yang Mempesona

5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Yang Mempesona



Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo, pasca reaktivasi kawasan wisata alam Bromo - Tengger - Semeru secara bertahap dengan syarat penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat. Para pengunjung dapat menyaksikan kembali keindahan pemandangan alam di Bromo.

Berikut informasi rangkuman 5 Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang begitu mempesona dan menjadi daya tarik wisatawan saat ini dan salah satunya dibagi menjadi dua nama dengan lokasi yang berbeda.

BACA JUGA: Tiket Online Bromo: Panduan Pemesanan Tiket Masuk Gunung Bromo

#1 Site Penanjakan 1

Gunung Penanjakan identik dengan sebutan Pananjakan 1, adalah sebuah Gunung yang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Berada di sebelah barat daya gunung Bromo dan memiliki ketinggian 2.770 Mdpl.

HIGHLIGHT

Dari site Pananjakan 1, wisatawan dapat langsung menyaksikan keindahan panorama alam berupa latar belakang gunung-gunung yang eksotis seperti Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati hamparan lautan pasir yang menakjubkan. Site Penanjakan 1 merupakan Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo yang populer bagi wisatawan yang datang ke Bromo.



FASILITAS

Disekitar lokasi site Pananjakan 1 terdapat berbagai fasilitas yang lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan dan pedagang yang menjual berbagai macam cinderamata berupa syal, sarung tangan dan topi kupluk.

RUTE

1. Rute dari Pasuruan melalui Tosari dan Wonokitri
Dari Surabaya. Untuk menuju Gunung Bromo dari arah Pasuruan. Dari Surabaya kita naik bis menuju Probolinggo dan turun di Pasuruan yang membutuhkan watu 1,5 jam. Selanjutnya naik colt menuju Desa Tosari - Wonokitri. Di Wonokitri kita dapat bermalam di hotel atau losmen atau dapat juga langsung meneruskan perjalanan menuju Gunung Pananjakan atau masuk ke lautan pasir menuju puncak Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo.

Sewa Jeep Bromo: via Probolinggo dan Pasuruan, menyediakan pilihan 2 spot gunung Bromo

2. Rute dari Probolinggo melalui Sukapura - Ngadisari - Cemoro Lawang
Dari arah Kota Probolinggo ambil jalur menuju Sukapura menuju jalan Raya Bromo lalu teruskan ke area Gunung Bromo. Dari Ngadisari naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro Lawang ± 3 km. Di Cemoro lawang kita dapat bermalam di hotel atau losmen. Besuk pagi kita dapat melanjutkan perjalanan ke kawah Gunung Bromo, yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda yang disewakan oleh masyarakat setempat.



3. Jalur dari Malang Melalui Tumpang – Lautan Pasir
Dari Tumpang perjalanan kita lanjutkan dengan naik Jeep menuju ke Jemplang sekitar 1,5 jam perjalanan melewati Desa Gubuk Klakah dan Desa Ngadas. Disekitar perjalanan kita dapat menyaksikan pemandangan alam yang berupa kebun-kebun penduduk yang berada di lereng-lereng gunung dan hutan alam yang masih asli.

Memasuki Desa Ngadas di sekitar jalan kita melewati hutan cemara yang tertata rapi. Kondisi jalan dari Tumpang menuju Jemplang sekarang sudah baik. Bila dari arah Malang kita bisa lewat Jemplang, Ngadas. Dari Malang naik minibus menuju ke Tumpang (18 Km) sekitar 30 menit.



Jalur Jemplang
Dari Jemplang perjalanan kita teruskan menuju ke Gunung Bromo melewati jalan berbatu dan lautan pasir selama 1 jam perjalanan dengan Trekking. Bila lewat Purwodadi, dari Kota Malang kita naik Bus atau minibus menuju ke Purwodadi selam 30 menit. Dari Purwodadi kita naik minibus menuju ke Desa Tosari, melewati Desa Nongkojajar selama 1,5 jam perjalanan.

Dari Tosari kita teruskan menuju Wonokitri. Menuju Kawah Gunung Bromo dapat didaki melalui tangga buatan (249 buah), dari sini akan terlihat kawah Bromo mengangah lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasarnya.

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 178 wisatawan | Tahap 2: 250 wisatawan

#2 Site Penanjakan 2

Seruni Point dapat disebut juga dengan Penanjakan 2, merupakan salah satu Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo lainnya apabila di site Penanjakan 1 sudah padat pengunjung. Berada di Dusun Seruni, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo pada ketinggian 2.400 Mdpl.



HIGHLIGHT

Di Penanjakan 2 wisatawan bisa langsung melihat dengan sangat jelas hamparan lautan pasir dan panorama keindahan alam Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan juga Gunung Semeru, karena lokasi nya lebih dekat. Nikmati juga pemandangan desa Cemoro Lawang yang tampak sangat eksotis pada saat terbit Matahari di Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo.



FASILITAS

Site Penanjakan 2 memiliki sarana dan pra sarana yang cukup lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan, juga tersedia tempat duduk untuk beristirahat sejenak sebelum menaiki anak tangga dan di bawah tugu pilar Brawijaya .

RUTE

Rute Menuju Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Penanjakan 2, dapat ditempuh dari berbagai jalur yaitu dari Surabaya, Malang, Batu, Banyuwangi atau Lumajang. Wisatawan dapat lebih mudah menuju site Penanjakan 2 adalah dari arah Probolinggo lalu ke Cemoro Lawang, karena site Penanjakan 2 termasuk dalam lokasi kabupaten Probolinggo.



Jika menuju Penanjakan 1 dari rest area parkiran teratas di Bromo, wisatawan mengambil ke arah kiri dengan jalur yang menanjak, dan bukan turun ke lautan pasir atau arah Kawah Bromo. Namun untuk site Penanjakan 2 wisatawan dapat mengambil jalan menurun atau dari arah kanan dari rest area parkiran teratas di Bromo, dan langsung belok kiri.

KAPASITAS WISATAWAN: Tahap 1: 350 wisatawan | Tahap 2: 694 wisatawan

#3 Site Bukit Kedaluh/Bukit Kingkong

Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo lainnya yaitu di Site Bukit Kedaluh, Berada di Wonokitri, Tosari, Pasuruan. Site Bukit Kedaluh memiliki ketinggian 2.600 Mdpl. Terletak dibawah dengan jarak 2,5 Kilometer dari site Penanjakan 1, sehingga akses menuju lokasi tersebut tidak terlalu menanjak.

HIGHTLIGHT

Warga sekitar Bukit Kedaluh yang mayoritas suku Tengger biasa juga menyebut nama Bukit Kingkong. Sekilas tentang arti Kedaluh yang dalam bahasa Sansekerta bermakna kesuburan dan oleh masyarakat suku Tengger diartikan sebagai penghargaan akan kesuburan tanah yang ada di wilayah Tengger. Sebutan Bukit Kingkong diambil dari bentuk sisi tebing dengan area yang menonjol berupa bebatuan dan ceruk dan menyerupai kepala dan hidung Kingkong.

Di lokasi bukit Kingkong, terdapat tanah lapang dan sebuah Padna Sari, yaitu sebuah Pura kecil untuk tempat sesaji. Wisatawan bisa melihat langsung view Gunung Arjuna dan Kota Malang di bawahnya, di sisi lain Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri.

FASILITAS

Komentar

Logo my bromo

My Bromo. Informasi dan Layanan paket dan transportasi wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

My Bromo juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  082-386-300-500
  info@bromo.my.id

My Bromo Popular

My Bromo Gallery

Informasi Wisata