Seruni Point, Spot Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Sunrise Bromo

Seruni Point, Spot Terbaik Untuk Menikmati Keindahan Sunrise Bromo



Seruni Point, bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Seruni Point akan disuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan, karena dari Spot Sunrise Bromo Seruni Point serasa melihat Gunung Bromo dari atas Kayangan.

Saat berada di Spot Sunrise Seruni Point, para wisatawan juga bisa langsung melihat dengan sangat jelas hamparan lautan pasir dan panorama keindahan alam Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan juga Gunung Semeru.

sunrise bromo

Waktu Terbaik Ke Seruni Point

Sangat disarankan untuk datang ke Seruni Point pada pagi atau sore hari demi menikmati sunrise dan sunset. Jika wisatawan datang melihat Sunrise Bromo saat cuaca sedang cerah, perpaduan warna langitnya dan sinar matahari yang muncul akan membentuk cahaya keemasan dan kemerahan.

Pada musim kemarau antara bulan Juni sampai dengan bulan Agustus adalah saat yang tepat untuk datang ke Seruni Point dan menyaksikan Sunrise Bromo. Mengunjungi gunung Bromo pada musim kemarau dianggap waktu paling tepat karena pada waktu tersebut cuaca sangat cerah dan tidak mendung.
sunrise bromo

Sunrise Bromo Di Atas Kayangan

Keindahan dan kemegahan Gunung Bromo jelas terlihat dari ketinggian. Sempurna dengan gunung lain di sekitarnya. Jika wisatawan datang pagi-pagi sekali, kumpulan lautan awan di sekelilingnya akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan.

Dengan udara yang sejuk, pemandangan indah yang memanjakan mata dan perbukitan yang diselimuti awan. Suasana tersebut dapat wisatawan rasakan di Gunung Bromo. Keindahan alam Gunung Bromo memang tidak perlu diragukan lagi. Wisatawan yang berada di Seruni Point untuk melihat Sunrise Bromo serasa berada di atas Kayangan.
sunrise bromo

3 Hal Yang Menarik Dari Seruni Point

Berikut dibawah ini beberapa hal yang menarik wisatawan ketika berada di Seruni Point:

1. Awan Kapas, pemandangan lautan awan yang memanjakan mata dapat disaksikan saat pagi hari yang cerah di Seruni Point. Menyuguhkan keindahan Sunrise Bromo yang tiada tandingannya.

2. The Great Wall of Seruni Peak, sekilas tembok yang dibangun di Seruni Point ini mirip dengan Tembok Raksasa yang ada di China. Memiliki 256 anak tangga yang dikelilingi pohon Pinus menuju Puncak Bukit dan terdapat menara dengan 4 Pilar/Tugu diatasnya.

3. Pembangunan dengan dana yang Fantastis!, dalam kurun waktu 5 bulan The Great Wall of Seruni Point Peak dibangun Pemerintah RI melalui Direktorat Bina Penataan Bangunan dan Lingkungan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan anggaran Rp 5 Miliar. Bangunan megah yang diberi nama Plaza Seruni berlokasi di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura ini diresmikan oleh Bupati Probolinggo pada tanggal 18 Desember 2018.

sunrise bromo

BACA JUGA: Paket Sewa Jeep Bromo: Daftar Harga Sewa Jeep Gunung Bromo 2021

Dari Puncak Seruni Point, Gunung Batok, Kawah Bromo, dan Gunung Semeru tampak berdiri berjejer. Dinding kaldera yang memisahkan Dusun Cemorolawang dan lautan pasir Gunung Bromo juga terlihat jelas. Seruni Point adalah lokasi Sunrise Bromo terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit di Bromo.

sunrise bromo

Tips Persiapan Mengunjungi Seruni Point

Suhu di Seruni Point biasanya sekitar 15 derajat celcius di siang hari, sementara disaat malam hari bisa menyentuh di bawah 10 derajat celcius! Terlebih, wisatawan terus standby di waktu subuh untuk melihat Sunrise Bromo, yang pastinya merupakan waktu-waktu terdingin di malam menjelang waktu pagi hari.

Berikut beberapa hal penting yang harus disiapkan sebelum berkunjung ke Seruni Point. Antara lain:

  • Jaket tebal, syal, kaos kaki, dan sarung tangan untuk mengurangi hawa dingin
  • Baju dan celana ganti. Walaupun hanya melakukan perjalanan sehari, sebaiknya wisatawan membawa pakaian ganti
  • Masker dan kacamata akan berguna saat berada di Bromo
  • Penggunaan sunblock juga dapat mengurangi kulit terbakar
  • Kamera, tripod, baterai cadangan, memory card kapasitas besar + cadangan, dan tentunya powerbank
  • Makanan ringan, minuman, dan camilan lainnya. Menikmati camilan dan minuman hangat akan mengurangi cuaca dingin di Puncak Seruni
  • Jika ada senter mini, untuk mempermudah melewati tangga menuju Puncak Seruni
  • Payung dan jas hujan jika cuaca tiba-tiba kurang bersahabat. Tetapi tidak perlu khawatir, biasanya di bromo pagi cerah dan baru hujan diatas jam 1 siang

BACA JUGA: Aturan Wisata New Normal Gunung Bromo Masa Pandemi COVID-19

sunrise bromo

Selain itu, persiapkan juga sepatu yang nyaman untuk dipakai agar wisatawan bisa naik ke puncak Seruni Point untuk melihat Sunrise Bromo dengan nyaman.

Dan sebelum menaiki tangga, wisatawan juga perlu berjalan dari parkiran Jeep Bromo Seruni Point ke area tangga yang menanjak. Jadi, sepatu wajib dibawa juga, ya.

sunrise bromo

Fasilitas Dan Lokasi Seruni Point

Seruni Point Sunrise Bromo juga memiliki sarana dan pra sarana yang cukup lengkap seperti: Mushola, kamar mandi, Toilet dan beberapa warung makanan, juga tersedia tempat duduk untuk beristirahat sejenak sebelum menaiki anak tangga dan di bawah tugu pilar Brawijaya.

Tersedia juga lahan parkir untuk kendaraan roda empat atau dua yang cukup memadai, meskipun saat liburan seringkali tidak tertampung dan meluber ke jalan utama. Sekitar mulai pukul 04.00 WIB perlahan mulai nampak perubahan warna dari gelap bertahap menjadi pagi. Datang lebih awal memungkinkan kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan posisi terbaik di Seruni Point.

sunrise bromo

Rute menuju Spot Wisata Sunrise Gunung Bromo Seruni Point, dapat ditempuh dari berbagai jalur yaitu dari Surabaya, Malang, Batu, Banyuwangi atau Lumajang. Wisatawan dapat lebih mudah menuju ke Seruni Point adalah dari arah Probolinggo lalu ke Cemoro Lawang, karena wilayah Seruni Point termasuk dalam lokasi kabupaten Probolinggo.

Jika menuju Pananjakan utama dari rest area parkiran teratas di Bromo, wisatawan mengambil ke arah kiri dengan jalur yang menanjak, dan bukan turun ke lautan pasir atau arah Kawah Bromo.

Namun untuk menuju ke Seruni Point wisatawan dapat mengambil jalan menurun atau dari arah kanan dari rest area parkiran teratas di Bromo, dan langsung belok kiri.

Harga Tiket Masuk Dan Jam Operasional Seruni Point

Ada loket khusus untuk memasuki lokasi Seruni Point, tiap wisatawan wajib membeli tiket masuk sebesar 5 ribu/orang. Jika dibanding harga tiket masuk tempat wisata lainnya, di Seruni Point masih tergolong murah.

Namun harga tersebut belum termasuk harga tiket memasuki kawasan wisata di gunung Bromo, Hanya tiket masuk Seruni Point view Sunrise Bromo saja. Adapun jam buka atau operasional Seruni Point adalah 24 Jam.

BACA JUGA: Tiket Online Bromo: Panduan Pemesanan Tiket Masuk Gunung Bromo

Peta Lokasi Seruni Point Sunrise Bromo



Video Akitivitas Wisata Gunung Bromo



panorama bromo

4 Open Trip Pilihan Menuju Bromo Sunrise

open trip bromo madakaripura open trip bromo madakaripura open trip bromo midnight dari lumajang

Komentar



My Bromo Informasi dan Layanan paket dan transportasi wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

My Bromo juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  082-386-300-500
  info@bromo.my.id
  https://www.bromo.my.id

My Bromo Populer

My Bromo Gallery

My Bromo Informasi