Bukit Mentigen, Spot Camping & Prewedding Populer Selain Sunrise di Bromo

Bukit Mentigen, Spot Camping & Prewedding Populer Selain Sunrise di Bromo

sunrise bromo

Bukit Mentigen (Mentigen Hill), di ketinggian 2.300 mdpl. Lokasi Spot Sunrise Bromo yang berada diluar area Gunung Penanjakan, memiliki akses yang paling dekat dengan Rest Area Ngadisari. Menuju ke lokasi Bukit Mentigen ini juga dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan atau bahkan cukup dengan jalan kaki.

Lokasi ini sudah ada sejak dahulu, akan tetapi hanya sedikit orang yang mengetahui jalur tersebut, dan saat ini jalur tersebut kembali dibuka untuk umum. Hingga saat ini sudah banyak sekali wisatawan mengunjungi spot Sunrise Bromo Bukit Mentigen ini, mulai dari wisatawan lokal bahkan sampai turis mancanegara.

sunrise bromo

Tinggi bukit spot Sunrise Bromo yang satu ini tidak setinggi Bukit Penanjakan 1 dan 2. Dari tempat matahari terbit, pengunjung akan menyaksikan view Gunung Bromo dan Batok yang terlihat sejajar ketika hari sudah mulai agak terang. Bukit ini berada di Timur Laut Gunung Bromo.

Wisatawan tidak wajib menyewa Jeep Bromo, jika ingin mendapatkan gambar indah saat pagi di spot Sunrise Bromo, camping, hunting foto milky way dan bahkan untuk foto pre wedding di Bukit Mentigen. Cukup dengan berjalan kaki (trekking) sekitar 15 menit dari rest area Ngadisari.

Spot Sunrise Bromo - Bukit Mentigen

  • Ketinggian Lokasi: 2.300 mdpl
  • Wilayah Administrasi: Ngadisari, Probolinggo
  • Tiket Masuk: tidak ada
  • Suhu Extrem: 3-5° Celcius
  • Trek: 950 meter atau 15 menit jalan kaki dari Rest Area Ngadisari
  • Ojek: 20K - 25K dari rest area Cemoro Lawang sekali jalan
  • Parkir Kendaraan: cukup luas
  • Toilet: tidak tersedia
  • Musholla: tidak tersedia
  • Camping Ground: banyak pilihan lokasi
  • Persewaan: Jaket, Selimut dan Tikar di Ngadisari
  • Warung Makanan: kedai makan minum di Ngadisari
  • Souvenir: toko oleh oleh syal, sarung tangan, kupluk di Ngadisari
sunrise bromo

Spot Hunting Milky Way Bukit Mentigen

sunrise bromo

Selamat Pagi Kuda Bromo photo by Hou Zi Flickr

Bukit Mentigen adalah adalah salah satu tempat Alternatif untuk menyaksikan Sunrise Bromo, selain itu Bukit Mentigen juga merupakan lokasi terbaik untuk Camping sekaligus menikmati pesona keindahan Sunset Gunung Bromo.

Lokasi Bukit Mentigen juga menjadi salah satu spot terbaik untuk menyaksikan Bromo Milky Way. Lokasi yang sangat bagus dan menarik untuk para Milky Way Photography.

Spot Camping Bukit Mentigen

sunrise bromo

Light Up photo by martin_marthadinata Flickr

Lokasi spot Sunrise Bromo Bukit Mentigen, tidak jauh dari pintu masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Cemoro Lawang desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo. Wisatawan dapat memulai trekking atau jalan kaki dari gapura "Selamat Datang di Obyek Wisata Seruni" atau Rest Area Cemoro Lawang - Ngadisari dengan menempuh jarak sekitar 950 meter atau 15 menit.

Selain Bukit Mentigen spot Sunrise Bromo lainnya yang berada di kabupaten Probolinggo adalah Seruni Point atau yang sering juga disebut sebagai Pananjakan 2. Sementara lainnya seperti Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Pos Dingklik dan Pananjakan 1 berada di wilayah Kabupaten Pasuruan.
Tersedia cukup banyak penyedia layanan antar jemput dengan menggunakan motor atau ojek. Rata-rata menawarkan biaya sekitar Rp. 50.000 untuk antar jemput atau setengahnya jika hanya satu kali perjalanan.

Peta Lokasi Wisata Sunrise Bromo

Bromo Camp Program

Bromo Camp program camping di wilayah Gunung Bromo bolehkan? dan pihak Pengelola Balai Besar TN Bromo Tengger Semeru pada awalnya menampatkan lokasi Bukit Mentigen sebagai satu-satunya area yang resmi diijinkan untuk tenda camping.

Tidak semua lokasi di Sunrise Bromo diperkenankan untuk mendirikan tenda Camping. Bukit Cinta, Bukit Kingkong, Seruni Point dan Bukit Mentigen yang secara resmi diijinkan mendirikan tenda untuk para wisatawan.
Sementara lokasi lainnya seperti puncak Penanjakan 1, Padang Savana dan Bukit Tetubbies Bromo dilarang keras mendirikan tenda camping. Larangan tersebut demi semata kenyamanan pengunjung lainnya yang berencana hanya untuk melihat Sunrise Bromo, sementara lokasi lain di Lautan Pasir dan Teletubbies demi mencegah terjadinya kebakaran yang diakibatkan oleh aktivitas campers.

Video Akitivitas Wisata Gunung Bromo



panorama bromo

4 Open Trip Pilihan Menuju Bromo Sunrise

open trip bromo madakaripura open trip bromo madakaripura open trip bromo midnight dari lumajang


Komentar



My Bromo Informasi dan Layanan paket dan transportasi wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

My Bromo juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  082-161-300-500
  info@bromo.my.id
  https://www.bromo.my.id

My Bromo Populer

My Bromo Gallery

My Bromo Informasi