Upacara Adat Kasada dan Penutupan Sementara Wisata di Bromo

Upacara Adat Kasada dan Penutupan Sementara Wisata di Bromo

panorama bromo

Kegiatan Wisata Gunung Bromo DITUTUP SECARA TOTAL mulai hari Kamis tanggal 24 Juni 2021 pukul 06.00 WIB sampai dengan hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021 pukul 24.00 WIB

Penutupan aktivitas di kawasan wisata Gunung Bromo ini dalam rangka pelaksanaan rangkaian upacara adat Yadnya Kasada pada tahun 2021.

Untuk informasi, upacara Yadnya Kasada digelar setiap tahun oleh masyarakat Tengger di kasawan Gunung Bromo. Sama seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Yadnya Kasada 2021 kembali digelar tertutup untuk wisatawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BB TNBTS Novita Kusuma Wardani menjelaskan, penutupan wisata di Gunung Bromo menindaklanjuti surat yang dikeluarkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo pada 8 Juni lalu. Lalu, surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Pasuruan pada 10 Juni 2021.
panorama bromo

panorama bromo

Ritual Upacara Kasada Adat Yadnya Kasada 2021

panorama bromo

Yadnya Kasada photo by Wahyu Gunawan Flickr

Prosesi berawal dari Pura Luhur Poten, masyarakat Hindu Tengger berjalan kaki membawa berbagai sesajian menuju kawah.

Upacara Kasada adalah hari raya adat Suku Tengger yang digelar setiap hari ke-14 di bulan Kasada dalam penanggalan Jawa. Dalam Upacara Kasada, suku Tengger melempar aneka sesajen berupa sayuran, buah-buahan, hasil ternak bahkan uang ke kawah Gunung Bromo.
Merupakan simbol pengabdian pada Sang Hyang Widhi dalam bentuk pengorbanan, penyucian diri, rasa syukur serta penjagaan hubungan harmonis dengan alam berikut penghormatan pada leluhur mereka, Dirupakan dalam bentuk persembahan berupa buah-buahan, sayuran, hewan ternak dan hasil bumi lainnya ke dalam kawah Gunung Bromo.

Penutupan Jalur Wisata di Bromo

Adapun, penutupan jalur dari arah Probolinggo ditutup di Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, dari arah Pasuruan ditutup di Desa Wonokitri Kecamatan Tosari dan dari arah Malang dan Lumajang ditutup di Jemplang.

Kemudian seluruh aktivitas wisata Panorama Alam Gunung Bromo akan dibuka kembali pada Minggu, 27 Juni 2021, pukul 00.01 WIB. Wisatawan sudah bisa berkunjung kembali ke beberapa destinasi wisata di sekitar Bromo seperti Penanjakan, Bukit Kedaluh, Bukit Cinta, Mentigen, Laut Pasir, dan Savana.

BACA JUGA: Tiket Online Bromo: Panduan Pemesanan Tiket Masuk Gunung Bromo

spot wisata sunrise gunung bromo

Memilih Paket Wisata Sunrise Gunung Bromo

Pelayanan Wisata Sunrise Gunung Bromo. Saat ini cukup banyak penyedia jasa wisata yang bisa melayani wisatawan untuk dapat melaksanakan wisata nya dari ke empat Gerbang Gunung Bromo tersebut.

Bagi wisatawan yang datang dari Jakarta atau kota-kota lain menggunakan Pesawat atau Kereta Api misalnya, bisa memilih paket-paket wisata Sunrise Gunung Bromo yang banyak ditawarkan melalui website, market place maupun tawaran-tawaran dari sosial media, jika ingin duduk manis dan dilayani sampai ke Gunung Bromo.

Namun pelajari dan bacalah dengan seksama paket-paket yang ditawarkan agar tepat sesuai dengan apa yang Anda harapkan saat melaksanakan wisata di Gunung Bromo.

Ada beberapa Paket Wisata Sunrise Gunung Bromo yang Kami tawarkan, wisatawan bisa lihat melalui Link atau Banner berikut.

1. Paket Wisata Open Trip Bromo Sunrise
Wisata Gabungan Gunung Bromo dari Malang, Batu, dan Surabaya
2. Sewa Jeep Wisata Gunung Bromo dari 4 Pintu Masuk Bromo
Harga Paket Sewa Jeep Bromo via Batu, Malang, Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang

Peta Lokasi Wisata Bromo Panorama



panorama bromo

Komentar



My Bromo Informasi dan Layanan paket dan transportasi wisata untuk seluruh destinasi alam dan kota di pulau Jawa.

My Bromo juga menyediakan paket wisata gabungan atau open trip secara rutin terlaksana tanpa minimal kuota.

  082-161-300-500
  info@bromo.my.id
  https://www.bromo.my.id

My Bromo Populer

My Bromo Gallery

My Bromo Informasi